Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis (Geography Information system)

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)
Sistem Informasi Geografis adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis data atau informasi geografi. Pada sistem itu disajikan data permukaan bumi secara lengkap misalnya keadaan geologi, topografi, jenis tanah, hidrologi, iklim dan budaya. Data ini diperoleh dari berbagai sumber, misalnya dari BPS, hasil penelitian, atau citra foto.
Beberapa manfaat Sistem Informasi Geografis antara lain sebagai berikut :
  1. Perencanaan tata ruang dan pengembangan wilayah;
  2. Pemantauan gejala alam;
  3. Inventarisasi sumber daya alam.
Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut beberapa ahli adalah :
  1. Paryono, Sistem informasi Geografis adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisis informasi geografi.
  2. Burrough P.A, Sistem informasi Geografi adalah suatu sistem perangkat yang dapat melakukan pengumpulan, penyimpanan, pengambilan kembali pengubahan (transformasi), dan penayangan (visualisasai) dari data keruangan (spatial) untuk kebutuhan tertentu.
  3. Stan Aronaff, Sistem informasi Geografis (SIG) adalah system informasi yang berdasarkan kerja computer yang mampu menerima masukan, mengelola (memberi, mengambil, memanipulasi, dan menganalisis data), kemudian memberikan uraian.
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan pengelolaan data geografi baik data secara sekunder (tidak langsung) maupun data primer (langsung dari lapangan) yang dilakukan pada kerja komputer (Teknologi).

Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG)
Adapun komponen Sistem Informasi Geografis (SIG) terdiri dari 4 yakni HardwareSoftware, Data dan Brainware.

1) Hardware
Merupakan perangkat keras yang berbasis teknologi untuk mengelola data geografis.
Adapun perangkat keras yang mendukung proses SIG antara lain sebagai berikut :
  1. CPU (untuk memproses semua intruksi dan program).
  2. RAM (mempercepat kerja CPU dan menyimpan semua data dan program yang dimasukan melalui input devices untuk jangka waktu panjang maupun pendek).
  3. Storage (tempat menyimpan data secara permanen atau semi permanen, contoh Hardisk, disket, CD ROM, Flashdisk dan pita magnetis).
  4. Input devices (untuk memasukan data, contoh keyboard, mouse, digitizer).
  5. Output devices (untuk mempresentasikan data dan informasi SIG. Contoh Monitor, printer, plotter).
  6. Peripheral lainnya (perlengkapan lain yang dibutuhkan).

2) Software
Merupakan perangkat lunak yang mendukung untuk mengelola data geografis. Contoh software tersebut adalah MapInfo, ArcGIS, ER MAPPER, ArcInfo, ILWIS, ArcView, ERDAS dan sebagainya.

3) Data
Dalam Sistem Informasi Geografis terdapat 2 (dua) jenis data yang digunakan yaitu :
  1. Data Spasial : Data keruangan yang menunjukkan ruang,lokasi di muka bumi.
  2. Data Raster: Didasarkan pada sistem grid (sel)/piksel bentuk digital komputer) atau bentuk bujur sangkar. Contoh: citra satelit.
  3. Data Vektor: Didasarkan pada sistem koordinat, berupa titik, garis & poligon. Contoh: peta topografi, batas lahan.
  4. Data Atribut/Deskriptif: Penjelasan atau informasi yang ada pada data ruang baik secara kualitatif dan kuantitatif. Contoh: daftar nama, tabel,angka statistik.

4) Brainware
Merupakan kemampuan manusia untuk mengoperasikan sistem (manajemen data), di antaranya menjalankan software, menyimpan, mengupdate, mengolah, menganalisis, memanipulasi, mengumpulkan data atau informasi-informasi permukaan bumi.

Tahapan Sistem Informasi Geografis
Tahapan kerja SIG meliputi tiga hal yaitu masukan (input), proses, dan keluaran (output). Secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut: Subsistem masukan (input), akan membentuk database di dalam komputer yang digunakan untuk pengolahan selanjutnya.
Ada 2 (dua) jenis data masukan yaitu :
  1. Data atribut adalah data yang berupa angka, tulisan, tabel, keterangan objek.
  2. Data spasial adalah data yang menunujukan ruang lokasi atau tempat-tempat di permukaan bumi.
Sedangkan model data yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. Data vektor, merupakan data yang berupa titik, garis, dan poligon.
  2. Data raster, merupakan data yang berupa sel atau piksel.
  3. Subsistem Proses, meliputi tahapan memanggil, memanipulasi, dan menganalisis data yang telah tersimpan dalam komputer.
  4. Subsistem keluaran, adalah penyajian semua atau sebagian data dalam bentuk tabel, peta file elektronik, atau grafik. Dalam SIG ada dua jenis perangkat yang digunakan yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras meliputi satu unit komputer yang terdiri atas digitizerprinterplotter, CPU, VDU, Disk Drive, dan Tape Drive.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANUMBU CATUR

KARAKTERISTIK BIOMA DUNIA

PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN (PETA)