PENGERTIAN GEOGRAFI


PENGERTIAN GEOGRAFI

Orang yang berperan memperkenalkan nama geografi adalah Erastothenes. Menurutnya, kata geografi berasal dari kata geographica (Geo artinya Bumi dan Graphica artinya Penulisan) yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi. Jadi, Erastothenes diangap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.
Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, fauna, flora, iklim, batuan, air dan interaksi antara fenomena – fenomena tersebut. Dengan kata lain geografi adalah studi tentang gejala – gejala di permukaan bumi secara keselurahan dalam lingkup interaksi dan keruangan.
Beberapa definisi geografi menurut  para ahli geografi atau geograf adalah sebagai berikut :
Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
Menurut Strabo, geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.
Menurut Karl Ritter, geografi adalah studi tentang daerah yang berbeda –beda di permukaan bumi dalam keragamannya.
Menurut John Hanrath, geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala – gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan.
Menurut Preston E. James, geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan pengamatan permukaan bumi yang kemudian berkembang menjadi penelitian proses – proses spesifik pada tempat terjadinya.
Menurut R. Bintarto, geografi mempelajari hubungan kausal gejala – gejala di permukaan bumi dan peristiwa – peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secara fisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
Menurut Ullman, geografi adalah interaksi antar ruang.
Menurut Paul Claval, geografi selalu ingin menjelaskan gejala – gejala dari segi hubungan keruangan.
Menurut Fred K. Schaefer, geografi harus dimaknai sebagai ilmu yang berkaitan dengan perumusan hukum – hukum yang mengatur distribusi keruangan unsur – unsur tertentu di muka bumi.
Menurut Richard Hartshorne, geografi berkepentingan menyajikan deskripsi yang akurat, teratur, dan rasional serta interpretasi berbagai karakter permukaan bumi.
Menurut Yi-Fu Tuan, geografi adalah kajian tentang bumi sebagai tempat tinggal manusia.
Menurut Hasil Seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang Tahun 1988, geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahaan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANUMBU CATUR

KARAKTERISTIK BIOMA DUNIA

PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN (PETA)